Bank Penerbit Kartu Kredit

Bank Penerbit Kartu Kredit

Hampir semua bank yang ada di Indonesia telah menerbitkan kartu kredit. Namun, hanya bank- bank berskala nasional saja yang dengan gencar memasarkan kartu kredit dengan syarat kepemilikan kartu kredit sangat mudah. Bank umum nasional itu antara lain:

– Bank Negara Indonesia 1946 (BNI 1946)
– Bank Internasional Indonesia (BII)
– Bank Mandiri
– Bank NISP
– Bank Niaga
– Bank Rakyat Indonesia (BRI)
– Bank Central Asia (BCA)
– Bank Panin, dan lain- lain

Penerbit kartu kredit bukan hanya bank umum nasional. Bank luar negeri dan bank internasional juga banyak menerbitkan kartu kredit di Indonesia. Sebut saja Citibank, Standard Chartered Bank, HSBC Bank, DBS Bank, dan lain- lain yang terus gencar mempromosikan produk kartu kreditnya. Tapi itu dahulu, sebelum tanggal 6 Januari 2012. Di mana Peraturan Bank Indonesia nomor 14/2/PBI/2012 dikeluarkan yang memuat regulasi tentang usaha kartu kredit.

Melihat begitu ketatnya peraturan Bank Indonesia terbaru tentang kehati- hatian yang harus dijalankan bank penerbit kartu kredit, saat ini bank penerbit kartu kredit tidak bisa segencar dahulu dalam memasarkan kartu kredit. Banyak regulasi baru yang harus dipenuhi bank penerbit kartu kredit dalam memasarkan kartu kredit, terutama dalam hal kerja sama dengan pihak lain seperti agency marketing. Begitu juga dengan persyaratan- persyaratan baru baik secara administratif maupun secara teknis yang harus segera diperbaharui dan harus terus dilaporkan oleh bank penerbit kepada Bank Indonesia. (MW)