Batas Waktu Pembayaran Kartu Kredit

Batas Waktu Pembayaran Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memiliki batas waktu pembayaran yang telah disetujui oleh pemilik kartu berhutang. Biasanya, penerbit kartu berhutang menyeragamkan batas waktu pembayaran tersebut pada tanggal 20 setiap bulannya. Namun, ada sebagian pemilik kartu kredit menghendaki batas waktu pembayarannya adalah tanggal 10 atau tanggal 15 setiap bulannya.

Pemilik kartu kredit harus memperhatikan betul batas waktu pembayaran ini. Jangan sampai terjadi keterlambatan dalam pembayaran tagihan kartu berhutang. Setiap pembayaran yang dilakukan terlambat akan membawa konsekuensi tersendiri, antara lain:
1. Dikenakan denda
2. Kredibilitas pemilik kartu berhutang di mata bank penerbit kartu kredit langsung turun.
3. Menghambat proses pengajuan peningkatan batas maksimal penggunaan kartu berhutang.
4. Bank penerbit kartu kredit yang lain tidak memberikan fasilitas kartu berhutang lagi kepada pemegang kartu yang sering melakukan keterlambatan dalam pembayaran.
5. Pihak bank penerbit akan menghubungi pemilik kartu kredit secara terus- menerus melalui telepon. Tentu saja ini akan mengganggu aktivitas pemilik kartu tersebut.
6. Keterlambatan yang melampaui batas hari tertentu akan membuat bank penerbit kartu kredit menyerahkan urusan penagihan kepada pihak ketiga, yaitu lembaga debt collector yang bisa saja dengan kasar mengancam dan mempermalukan pemilik kartu berhutang agar segera membayar tagihannya.
7. Kartu kredit dibekukan, yaitu ketika tagihan kartu kredit tidak dibayarkan selama 60 hari secara berturut- turut. Pada posisi ini, pemilik kartu berhutang tidak akan bisa menggunakan kartu tersebut untuk pembayaran, bahkan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan gratis sekalipun. Bank penerbit juga secara otomatis menyerahkan urusan penagihan kepada debt collector. (MW)