Cermati Fasilitas Diskon Kartu Kredit

Cermati Fasilitas Diskon Kartu Kredit

Hampir semua bank penerbit kartu kredit memberikan fasilitas diskon kepada pemegang kartu kredit. Terutama adalah diskon pada pembayaran makan siang atau makan malam di rumah makan tertentu, diskon pembelian barang- barang elektronik furnitur, dan banyak sekali diskon lainnya. Pemilik kartu kredit hendaknya bisa lebih berhati- hati dalam memanfaatkan fasilitas diskon ini. Seringkali diskon yang diberikan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Contoh diskon yang sering terjadi dan harus dicermati adalah pada pembelian pertamax di SPBU tertentu. Tulisan yang dipasang pada spanduk ataupun baliho sangat menggiurkan “Gratis! Pertamax atau Pertamax Plus dari Mandiri Credit Card”. Promosi dalam bentuk pemberian diskon ini harus dicermati dengan sangat teliti. Biasanya, di bawah baliho promosi itu tertera syarat ketentuan yang harus dipenuhi, misalnya:

– Diskon Pertamax atau Pertamax Plus sebesar 10 % apabila total belanja dalam satu bulan sebesar minimal Rp 5.000.000.

– Diskon Pertamax atau Pertamax Plus sebesar 10 % apabila pembelian Pertamax atau Pertamax Plus sejumlah Rp 300.000 ke atas.

– Dan banyak ketentuan lain yang harus dipenuhi, dengan masing- masing kartu kredit memiliki ketentuan sendiri- sendiri.

Sementara itu, contoh diskon yang diterapkan pada pembayaran makan siang atau makan malam di rumah makan tertentu biasanya harus memenuhi syarat sebagai berikut, misalnya:

– Jumlah pembayaran minimum Rp 500.000 satu kali makan

– Diskon berlaku hanya untuk paket makan siang atau makan malam pada jam yang telah ditentukan.

– Diskon hanya untuk pembelian menu makanan tertentu.

– Dan banyak ketentuan lainnya yang harus dipenuhi. Setiap kartu kredit biasanya memiliki ketentuan yang berlainan.

Diskon biasanya diberikan secara langsung berupa potongan harga ketika pemilik kartu kredit hendak membayarnya dengan menggunakan kartu kredit. Namun, ada pula diskon yang diterapkan dalam bentuk cashback dalam tagihan kartu kredit pada bulan berikutnya. Jadi, nota pembayaran yang tercantum tetap dikenakan seluruhnya atau tanpa diskon sama sekali. Namun, pada tagihan kartu kredit bulan berikutnya, terdapat transaksi cash back yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit kepada pemilik kartu kredit. (MW)