Fasilitas Gratis untuk Pemegang Kartu Kredit (1)

Fasilitas Gratis untuk Pemegang Kartu Kredit (1)

Selain fasilitas diskon, tidak jarang bank penerbit kartu kredit memberikan fasilitas gratis kepada pemilik kartu kredit. Fasilitas gratis ini merupakan salah satu strategi promosi agar orang mau mengajukan penerbitan kartu kredit baru. Bagi yang sudah memiliki kartu kredit pun menghendaki agar kartu kredit tidak dihapus ketika habis masa berlakunya. Di antara fasilitas gratis itu antara lain:

– Gratis Iuran Tahunan

Fasilitas ini memang banyak disediakan oleh penerbit kartu kredit. Kebanyakan penerbit kartu kredit memberikan fasilitas ini secara otomatis kepada pelanggan baru dengan syarat minimal belanja tertentu pada bulan pertama dalam satu nota. Setelah itu, pada tahun berikutnya, iuran tahunan tetap dibebankan kepada pemilik kartu kredit.

Namun, pemilik kartu kredit bisa saja mengajukan keberatan atas tagihan iuran tahunan ini, dengan alasan terlalu besar atau karena kartu kredit jarang digunakan. Caranya adalah dengan menghubungi card center bank penerbit kartu kredit setidaknya 2 minggu sebelum masa berlaku habis. Beberapa pengguna kartu kredit bahkan berani mengambil resiko tidak melanjutkan berlangganan kartu kredit bila pengajuan ini tidak dikabulkan.

– Gratis Beristirahat Sejenak di Airport Lounge pada Bandara-Bandara Internasional

Ketika akan naik pesawat, misalnya di bandara Juanda atau di bandara Soekarno-Hatta, setelah check in, calon penumpang masih harus menunggu setidaknya 30 menit- 60 menit. Waktu menunggu yang cukup lama ini bisa dimanfaatkan calon penumpang untuk berjalan- jalan melihat pertokoan di dalam bandara atau sekadar membeli cendera mata. Namun, bagi pemegang kartu kredit yang sering melakukan perjalanan dengan pesawat udara ini, tentu ada rasa jenuh bahkan sedikit lapar ketika jam menunggu pesawat adalah menjelang waktunya makan.

Fenomena ini dimanfaatkan betul oleh bank penerbit kartu kredit, dengan membuat fasilitas Airport Lounge yang khusus diberikan secara gratis kepada nasabahnya.

Sambil menunggu panggilan untuk memasuki pesawat, pemegang kartu kredit bisa menikmati hidangan makanan dan minuman sambil duduk santai membaca majalah atau koran hari itu dengan santai. Hampir semua kartu kredit di Indonesia memberikan fasilitas Airport Lounge gratis ini kepada pemegang kartu kredit Gold dan Platinum. Untuk kartu kredit berjenis Silver, tidak mendapatkan fasilitas ini. (MW)