Kartu Kredit :Batas Penggunaan Dana (1)

Kartu Kredit :Batas Penggunaan Dana (1)

Setiap kartu kredit memiliki batas penggunaan maksimal. Misalnya, kartu kredit berjenis Silver, memiliki batas maksimal penggunaan sebesar Rp 5.000.000. Apabila pemakai menggunakan di atas batas maksimal, maka secara otomatis akan terjadi penolakan pada proses pembayaran. Transaksi tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut.

Beberapa bank penerbit kartu kredit melakukan pengawasan kepada pengguna kartu kredit. Misalnya, pengguna kartu kredit melakukan pembayaran dalam jumlah besar untuk menebus satu item barang. Secara otomatis, sistem peringatan di bank penerbit akan menyala. Petugas bank akan segera menghubungi pengguna kartu kredit untuk konfirmasi, apakah benar melakukan pembayaran dalam jumlah besar untuk menebus satu item barang. Jika memang benar maka transaksi bisa dilanjutkan. Namun, apabila nasabah mengaku tidak melakukannya maka kartu kredit akan segera dibekukan sementara oleh bank penerbit.

Dalam setiap jenis kartu kredit yang beredar di Indonesia memiliki beberapa batasan dalam penggunaan yang harus diketahui oleh pengguna tersebut. Batas penggunaan maksimal ini ditentukan melalui analisis yang mendalam dari tim ahli bank penerbit kartu kredit. Faktor- faktor yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya batas penggunaan maksimal itu antara lain:

– Gaji atau Penghasilan Bulanan
Dengan gaji atau penghasilan yang cukup tinggi, bank penerbit kartu kredit bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan batas penggunaan maksimal kartu kredit. Pada peraturan Bank Indonesia terbaru, batas maksimum penggunaan kartu kredit yang diberikan bank penerbit adalah sejumlah 3 x gaji pemegang kartu kredit.

– Jabatan dalam Pekerjaan
Jenis jabatan dalam pekerjaan tentu saja akan mempengaruhi gaya hidup dan jumlah gaji serta pendapatannya setiap bulan. Seorang Marketing Manager, Public Relation, Director, apalagi Komisaris dengan gaji dan bonus yang besar biasanya memiliki kartu kredit dengan batas penggunaan maksimum yang tinggi. Kartu kredit yang digunakan setidaknya adalah Gold atau Platinum karena tuntutan profesi mereka memang harus demikian. Sangat lucu bila seorang direktur perusahaan kehabisan uang untuk membayar kamar hotel bintang lima dan kartu kreditnya tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran itu. Oleh karena itu, kartu kredit yang diberikan kepada pemegang kartu yang merupakan pejabat dalam suatu perusahaan, bisa dijamin pembayaran dan batas penggunaan maksimumnya, oleh perusahaan tempat pemegang kartu kredit bekerja. (MW)