Kartu Kredit Berdasarkan Batas Maksimum

Kartu Kredit Berdasarkan Batas Maksimum

Ada begitu banyak jenis kartu kredit di dunia. Berikut ini adalah beberapa jenis kartu berhutang yang beredar di Indonesia berdasarkan batas maksimum penggunaan.

1. Kartu Kredit Silver
Merupakan kartu kredit dengan batas maksimum penggunaan paling rendah, yaitu antara Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 6.000.000 saja. Kartu jenis ini biasanya diberikan kepada pengguna sebagai kartu berhutang pertama. Pegawai dan karyawan baru biasanya akan banyak mendapatkan penawaran kartu berhutang jenis ini, sesuai dengan jumlah nilai gaji yang diperolehnya.

2. Kartu Kredit Gold
Merupakan jenis kartu berhutang yang memiliki batas penggunaan di atas kartu kredit silver, yaitu antara Rp 10.000.000 sampai dengan Rp 12.000.000. Kartu berhutang ini biasanya diberikan kepada pengguna kartu kredit silver yang telah menggunakan dan melakukan pembayaran dengan baik sedikitnya selama 6 bulan secara berturut-turut.

3. Kartu Kredit Platinum
Merupakan jenis kartu yang memiliki batas penggunaan maksimal sampai dengan ratusan juta rupiah. Pengguna kartu berhutang ini biasanya memiliki reputasi, jabatan, dan penghasilan yang sangat baik.

Kartu kredit biasanya diterbitkan oleh lembaga keuangan bank, namun ada pula lembaga keuangan non-bank yang menerbitkan kartu berhutang. Lembaga keuangan bank yang mengeluarkan kartu berhutang di Indonesia misalnya adalah:
– Bank Mandiri dengan Mandiri Card
– Bank Central Asia dengan BCA Card
– Bank Danamon dengan Danamon Card
– Bank ANZ dengan Kartu Cicilan dan ANZ Femme
– Bank UOB Buana dengan UOB “One” Card
– Dan banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu, kartu kredit yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan non-bank misalnya adalah Dinners Club dan American Express. (MW)