Kartu Kredit: Cara Pengajuan (1)

Kartu Kredit: Cara Pengajuan (1)

Media masa penuh dengan iklan promosi kartu kredit. Berbagai fasilitas diskon, bahkan cuma- cuma diberikan kepada pemilik kartu kredit. Bahkan, hanya dengan mengajukan saja, pemohon kartu kredit diberi gratis boneka, soft drink, dan aneka gift menarik lainnya.

Pengajuan kartu kredit idealnya adalah dengan diawali datangnya pemohon kepada bank penerbit kartu kredit. Untuk kartu kredit pertama, syaratnya adalah harus memiliki rekening tabungan di bank tersebut, di samping fotokopi tanda pengenal yang masih berlaku dan kartu keluarga. Bila diperlukan, surat keterangan kerja atau surat keterangan gaji bisa juga dilampirkan. Setelah form permohonan kepemilikan kartu kredit diisi dan ditandatangani, petugas bank akan menganalisis history transaksi dan saldo rekening tabungan nasabah. Maksimal dalam waktu 14 hari, pemohon akan mendapatkan jawaban tentang disetujui atau tidak pengajuan kartu kredit tersebut.

Apabila pengajuan kartu kredit disetujui, bank akan mengirimkan surat berisi kartu kredit beserta ketentuan cara penggunaannya dan mekanisme validasi. Pemohon biasanya disuruh menghubungi nomor telepon tertentu untuk mencocokkan nomor kartu kredit yang diterima beserta data pribadi pemohon. Ketika semua sudah cocok, kartu kredit tersebut telah resmi dimiliki pemohon kartu kredit dan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran.

Tidak jarang, bank penerbit kartu kredit gencar melakukan promosi agar banyak konsumen yang mengajukan kepemilikan kartu kredit. Bahkan, mereka mempercayakan proses pengajuan itu kepada agen marketing yang biasanya membuat sebuah gerai di mal, supermarket, expo, dan lain- lain dengan aneka gift menarik untuk pemohonnya.

Melalui agen marketing ini, pengajuan kartu kredit menjadi sangat praktis. Cukup meninggalkan fotokopi kartu identitas, fotokopi kartu kredit yang masih berlaku, tanda tangan form permohonan, mendapatkan gift dan langsung pulang. Agen ini selalu membawa perangkat komputer dan printer yang canggih dan praktis sehingga bisa melakukan fotokopi secara langsung. Penyampaian laporan data pemohon juga dikirim saat itu juga dengan bantuan teknologi internet. Tidak perlu menunggu lama, pemohon akan langsung dikonfirmasi apakah benar telah mengajukan permohonan kepemilikan kartu kredit. Apabila benar, bank penerbit akan segera mengirim kartu kredit via pos atau kurir.  (MW)