Kartu Kredit dan Fasilitas Diskon (1)

Kartu Kredit dan Fasilitas Diskon (1)

Dari awal tujuan diterbitkannya sebuah kebijakan adalah agar bisa diambil suatu manfaat bagi orang banyak. Demikian pula dengan kartu kredit, produk ini ada karena dinilai akan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat dari fitur- fitur yang dimiliki kartu kredit. Dengan memahami betul karakter dan aturan pemakaian produk kartu kredit, kita bisa memanfaatkan kartu kredit yang kita miliki secara maksimal.

Fasilitas Diskon

Hampir semua bank penerbit kartu kredit memberikan fasilitas diskon atau potongan harga kepada penggunanya. Diskon itu bisa berupa:

– Free iuran tahunan, biasanya diberikan dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pemilik kartu kartu kredit. Misalnya, total belanja sejumlah minimal Rp 3.000.000 dalam satu bulan pertama.

– Diskon makan di rumah makan atau kafe tertentu; fasilitas ini biasanya diberikan oleh semua kartu kredit jika pembayaran dilakukan dengan kartu kredit tersebut. Syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi biasanya adalah dengan jumlah pembayaran minimum Rp 100.000 atau bahkan tidak ada syarat apa pun.

– Diskon room charge pada hotel- hotel berbintang di kota-kota tertentu; biasanya diberikan oleh hotel- hotel berbintang yang sudah terkenal dan menjalin kerjasama dengan bank penerbit kartu kredit. Hanya dengan melakukan pembayaran dengan kartu kredit tersebut maka diskon pun diberikan secara otomatis kepada pemilik kartu kredit.

– Diskon pembelian produk elektronik di gerai tertentu; biasanya diberikan kepada pengguna kartu kredit yang membeli item tertentu di toko elektronik yang telah melakukan kerjasama dengan bank penerbit kartu kredit. Atau kerjasama itu dilakukan oleh produsen perangkat elektronik terbaru. Misalnya, produsen ACER meluncurkan produk PC Tablet terbaru. Keuntungannya setiap pembelian PC Tablet tersebut dengan menggunakan kartu kredit BCA akan mendapatkan potongan harga sebesar 30 %.

– Diskon tiket pesawat yang dibeli melalui agen tertentu; persaingan agen penjualan tiket pesawat semakin ketat dengan hadirnya sistem penjualan tiket pesawat secara online. Setiap orang dengan mudah bisa mendirikan perusahaan agen penjualan tiket ini. Cara pembayaran pun meningkat semakin bervariasi, terutama dengan hadirnya sistem pembayaran secara online, termasuk dengan menggunakan kartu kredit. Bank penerbit kartu kredit tidak kalah mengikuti perkembangan ini, dan bekerja sama dengan agen penjualan tiket dengan memberikan diskon kepada pemegang kartu kredit jika pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit tertentu. (MW)