Kartu Kredit= Dana Talangan

Kartu Kredit= Dana Talangan

Sebenarnya, inilah manfaat kartu kredit yang paling utama. Semua transaksi pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit menggunakan dana talangan milik bank penerbit kartu kredit. Pengguna kartu kredit diberi pinjaman dana sesuai yang dibutuhkan dalam transaksi pembayaran apa pun. Transaksi boleh dilakukan pada waktu kapan pun dan di tempat manapun yang bisa melayani transaksi dengan kartu kredit. Benar- benar fleksibel.

Dana talangan ini masih memiliki kelebihan yang lain, yaitu pengguna kartu kredit tidak dibebani bunga dengan syarat pembayaran tagihan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan. Umumnya tanggal 20 pada bulan berikutnya. Setidaknya, pengguna kartu kredit memiliki waktu 30 hari untuk mengembalikan dana itu.

Bagi pengusaha atau pedagang, dana talangan ini sangatlah bermanfaat. Misalnya yang dilakukan James, seorang pemasok suku cadang shock dan knee (sambungan pipa besi). Setiap hari, James mencari order kebutuhan shock dan knee ke pabrik- pabrik besar di wilayah Sidoarjo dan Mojokerto, Jawa Timur. Semua pembelanjaan shock dan knee yang dilakukan James dibayar dengan menggunakan kartu kredit. James mendapatkan pembayaran dari customer-nya secara kontan, atau mundur paling lambat 7 hari.

Artinya, dalam setiap transaksi jual-beli shock dan knee itu, James telah dibiayai bank penerbit kartu kredit dan sama sekali tidak mengeluarkan dana tabungan pribadi. Kartu kredit James yang semula hanya berjenis Silver, kini telah meningkat menjadi Platinum. Bank- bank penerbit kartu kredit juga telah banyak mengetahui reputasi James yang tidak pernah terlambat melakukan pembayaran, salah satunya adalah dengan memberi fasilitas kartu kredit tambahan. Jumlah modal yang bisa diputar James setiap bulannya pun semakin besar, lebih dari Rp 100.000.000 karena volume barang dagangannya juga semakin besar. (MW)