Kartu Kredit: Kenal Lebih Dekat

Kartu Kredit: Kenal Lebih Dekat

Sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengenal kartu kredit. Dari perkotaan hingga di pedesaan, kartu kredit telah banyak digunakan sebagai alat pembayaran yang cukup praktis. Kemanapun tujuannya, orang tidak perlu lagi membawa uang yang berlebihan. Pembayaran dengan kartu berhutang kini bisa dilakukan di mana saja. Hampir di setiap stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU), bahkan gerai- gerai yang menyediakan bisnis retail kini telah menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit. Pembayaran tagihan listrik, telepon, langganan surat kabar, cicilan sepeda motor, elektronik, dan mobil pun bisa dilakukan dengan fasilitas pembayaran secara otomatis atau autopayment melalui kartu berhutang ini.

Kartu kredit tidak hanya dimiliki oleh pemilik perusahaan, direktur, manajer, atau supervisor saja. Saat ini, pegawai, karyawan, ibu rumah tangga bahkan mahasiswa bisa dengan mudah memiliki kartu berhutang. Kartu kredit tidak hanya digunakan untuk melakukan pembayaran yang sangat mendesak, namun juga bisa mengangkat gaya hidup seseorang.  Dengan kartu ini, segala bentuk pembayaran konvensional dapat diubah dengan mudah menjadi serba digital.

Pengertian Kartu Kredit

Melihat begitu banyaknya manfaat kartu kredit bagi pemegangnya, banyak pengertian kartu berhutang dibuat didasarkan manfaat kartu tersebut. Safir Senduk, konsultan keuangan dalam berbagai artikel dan seminar  tentang keuangan keluarga mengatakan bahwa kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang bisa digunakan dalam suatu transaksi jual-beli atau transaksi pembayaran yang lain, di mana bank penerbit kartu akan memberikan talangan pembayaran tersebut terlebih dahulu. Pemilik kartu kredit harus melakukan pembayaran atas transaksi tersebut kepada bank pada bulan berikutnya pada saat tagihan kartu tersebut datang sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan dan tercantum dalam surat tagihan tersebut.

Pengguna kartu memiliki batasan tertentu dalam melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Batas maksimum penggunaan ini ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit sesuai dengan jenis kartu yang diterbitkan. (MW)