Kartu Kredit :Kesalahan Umum Surat Pemberitahuan

Kartu Kredit :Kesalahan Umum Surat Pemberitahuan

Kesalahan cetak yang sering terjadi di dalam surat pemberitahuan kartu kredit antara lain:

– Double Transaction, adalah pembayaran yang tercetak dua kali, padahal pengguna hanya melakukan satu kali transaksi. Misalnya, James membayar makan siangnya di Pizza Hut sejumlah Rp 100.000. Ternyata, di dalam surat tagihan tertera transaksi yang sama sebanyak dua kali.

Kesalahan semacam ini bisa diklaim, baik kepada rumah makan yang mendapatkan pembayaran, maupun kepada bank penerbit kartu kredit. Apabila klaim dilakukan kepada rumah makan, biasanya pengguna kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang secara tunai. Namun, jika klaim dilakukan di bank penerbit kartu kredit, biasanya akan dikembalikan dalam bentuk komponen pengembalian dana pada bulan berikutnya. Tentu saja pengguna kartu kredit harus tetap membayar tagihan secara penuh.

– Transaksi diskon ditagihkan tanpa diskon, merupakan transaksi pembayaran yang dilakukan pemilik kartu kredit yang seharusnya mendapatkan diskon. Namun, dalam surat pemberitahuan kartu kredit, disebutkan bahwa transaksi itu harus dibayar dengan penuh. Kasus seperti ini seringkali terjadi pada pembayaran rekening telepon, internet, dan TV kabel yang menawarkan diskon 50 % hingga 70 %.

Kesalahan seperti ini adalah yang paling sering terjadi. Sebagai contoh, ketika Telkom menawarkan diskon tarif Speedy dengan hanya membayar Rp 100.000 per bulan dari tarif normal sebesar Rp 200.000 per bulan. Ternyata, pada tagihan kartu kredit, tercantum biaya pembayaran Telkom Speedy sebesar Rp 200.000 (tarif normal). Cara melakukan klaim adalah dengan tetap membayar penuh tagihan tersebut melalui kartu kredit. Setelah itu, datangi kantor Telkom terdekat sambil membawa surat perjanjian kontrak pemasangan Speedy, brosur pemasaran Speedy, dan bukti pembayaran melalui kartu kredit. Maka dari itu, potongan biaya yang telah terbayarkan itu akan dikembalikan oleh Telkom bisa secara tunai, atau dengan dimasukannya sebagai komponen pembayaran pada bulan berikutnya.

– Biaya administrasi tahunan kartu kredit, adalah biaya yang harus dibayarkan pengguna kartu kredit setiap tahunnya kepada bank penerbit kartu kredit. Seringkali bank penerbit kartu kredit memberikan fasilitas fee administrasi tahunan. Namun, pada kenyataannya dalam surat tagihan dicantumkan biaya ini. Jika pemilik kartu kredit tidak teliti maka biaya ini akan otomatis dimasukkan dalam tagihan dan harus terbayar oleh kartu kredit.

Kesalahan cetak seperti ini bisa diatasi dengan menghubungi telepon customer care atau card center dari bank penerbit kartu kredit. Setelah ditelusuri kebenaran promosi dan pesyaratan yang telah dipenuhi, bank penerbit kartu kredit akan memberitahukan bahwa jumlah dana yang harus dibayarkan boleh dikurangi administrasi tahunan. Atau, seandainya ternyata tagihan tersebut telah terbayarkan secara penuh akibat setting cara pembayaran autodebit atau autopayment maka tagihan administrasi tahunan itu akan dikembalikan sebagai salah satu bentuk komponen pembayaran pada bulan berikutnya. (MW)