Kartu Kredit :Ubah Transaksi Tunai Jadi Cicilan

Kartu Kredit :Ubah Transaksi Tunai Jadi Cicilan

Dengan memiliki satu kartu kredit, transaksi- transaksi pembayaran apa pun yang dilakukan pemilik kartu kredit bisa diubah menjadi sebuah cicilan dengan mudah dan praktis. Bank tidak perlu melakukan survei apa pun, hanya perlu menghubungi customer care atau card centre kartu kredit bersangkutan, kemudian meminta supaya salah satu atau beberapa transaksi pembayaran dalam jumlah tertentu diubah cara pembayarannya menjadi cicilan tetap. Petugas kartu kredit akan dengan cepat melakukan perhitungan dan memberikan angka- angka yang harus dibayarkan setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu.

Cicial tetap ini dikatakan fleksibel karena pengguna kartu kredit tidak perlu menjaminkan asetnya seperti jika mengajukan kredit ke bank atau koperasi. Waktu proses yang diperlukan juga tergolong sangat singkat, tidak sampai satu jam tagihan itu berubah menjadi cicilan tetap. Lama cicilan juga fleksibel, bisa 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, atau 24 bulan.

Contoh yang sering ditawarkan bank penerbit kartu kredit dalam memberikan diskon harga produk apabila pembayaran dilakukan dengan cara cicilan tetap adalah kerjasama antara BCA Card dengan Hartono Electronics. Setiap pembelian perangkat elektronik senilai di atas Rp 1.000.000 dengan menggunakan kartu kredit BCA bisa diubah menjadi sebuah cicilan tetap. Harga yang tercantum pun langsung mendapatkan diskon sebesar 15 %- 25%. Fasilitas- fasilitas seperti ini biasa dikeluarkan pada akhir tahun, menjelang libur Natal, dan menjelang libur Idul Fitri.

Dalam hal mengubah transaksi tunai dengan kartu kredit menjadi cicilan tetap, tentu ada proses pengajuan yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit dengan menghubungi petugas atau card center bank penerbit kartu kredit. Proses pengubahan itu akan segera dilanjutkan oleh petugas bank untuk dianalisis. Bank penerbit akan memberikan simulasi terlebih dahulu tentang bunga dan cicilan tetap bulanan kepada pemegang kartu untuk disetujui. Apabila pemegang kartu merasa keberatan, lama cicilan bisa ditambah misalnya dari 6 bulan menjadi 12 bulan, dengan menyebutkan simulasi cicilan bulanannya. Jika pemegang kartu kredit sudah menyetujui, maka proses mengubah tagihan menjadi cicilan tetap bulanan pun bisa dilanjutkan. Semua proses konfirmasi antara petugas bank dengan pemegang kartu kredit bisa dilakukan melalui hubungan telepon dan direkam. (MW)