Kartu Kredit untuk Transaksi Online (1)

Kartu Kredit untuk Transaksi Online (1)

Transaksi jual beli suatu produk barang maupun jasa tidak harus disertai dengan sebuah proses tatap muka antara penjual dan pembeli. Teknologi komunikasi dan komputer yang semakin maju telah menghadirkan mekanisme transaksi baru, yaitu transaksi secara online , baik dengan menggunakan kartu kredit maupun debit.

Produk atau jasa ditawarkan oleh penjual melalui toko di internet dalam bentuk situs yang biasa disebut sebagai toko online. Penjual tidak perlu menyewa atau membeli unit toko di mal atau pusat perbelanjaan. Cukup dari rumah saja, toko online bisa dijalankan dengan baik.  Di dalam situs toko online ini, biasanya terdapat menu atau halaman sebagai berikut:

– Home
Menu atau halaman ‘home’ ini merupakan company profile perusahaan atau toko online, yang biasanya menjelaskan sejarah berdirinya toko ini, letak kantor, aktivitasnya, jenis- jenis barang apa saja yang dijual, atau promosi- promosi apa saja yang sedang diluncurkan. Pada halaman ini juga biasa diisi iklan dalam bentuk banner sebagai salah satu sumber pemasukan pengelola situs. ‘home’ juga sering berisi ketentuan pembayaran dan pengiriman barang.

– Sign Up
Pada situs toko online, proses jual beli hanya bisa dilakukan oleh anggotanya saja. Untuk bisa menjadi anggota, biasanya calon pembeli harus mendaftarkan diri dengan mengklik menu ‘sign up’. Calon anggota akan diminta mengetikkan data- data pribadi dan membaca ketentuan yang harus disetujui. Setelah menyetujui aturan main bertransaksi pada toko online ini, proses pendaftaran bisa dilanjutkan dengan mengirimkan data pribadi beserta pernyataan persetujuan tersebut. Selesailah proses pendaftaran sebagai anggota toko online.

– Sign In
Ketika proses pendaftaran telah selesai, calon anggota toko online akan menerima email yang berisi user name dan password untuk bisa memasuki situs toko online dan bertransaksi. Dengan demikian, status anggota resmi sudah dipegang oleh calon anggota tadi. Cukup mengisi username dan password secara tepat dilanjutkan menekan menu ‘sign in’. Bertransaksi di toko online siap dilakukan. Metode pembayaran apa yang sering Anda pilih, dengan kartu kredit atau debit? (MW)