Kartu Kredit untuk Transaksi Online (2)

Kartu Kredit untuk Transaksi Online (2)

Berikut ini menu-menu yang muncul saat melakukan transaksi online, baik dengan pembayaran kartu kredit dan kartu debit:

– Katalog Produk

Jenis barang, karakter barang, harga barang, lokasi barang beserta gambar- gambar yang dibutuhkan bisa dilihat secara lengkap pada menu katalog produk. Anggota toko online bisa memilih barang yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kecukupan keuangan.

– Order

Ketika barang yang hendak dibeli sudah diputuskan, anggota toko online cukup melakukan order pemberlian. Ada dua cara melakukan order yang sering disediakan melalui situs toko online.

  • Cara pertama adalah dengan menekan menu order yang telah disediakan, kemudian menuliskan kode barang yang dijual dalam katalog, jumlah barang, dan alat pengiriman. Secara otomatis, situs akan menampilkan jumlah uang yang harus dibayar beserta ongkos kirimnya. Setelah itu, akan muncul metode pembayaran dengan kartu kredit. Calon pembeli akan dibimbing untuk memasukkan nomor kartu kredit yang akan digunakan untuk pembayaran. Saat itu juga, situs akan melakukan verifikasi kebenaran kartu kredit tersebut beserta batas penggunaan maksimumnya. Apabila kartu kredit bisa digunakan untuk pembayaran, situs akan memberitahukannya dan barang yang dibeli akan segera dikirim melalui petugas ekspedisi yang telah dipercaya.
  • Cara yang kedua adalah mengklik gambar produk yang ada di dalam katalog. Secara otomatis, situs akan memberikan perincian tentang produk tersebut secara detail. Pada akhir perincian, terdapat menu ‘oder’. Apabila anggota toko online tersebut sudah cocok dan memutuskan akan membelinya, cukup mengklik menu ‘order’ ini. Secara otomatis pula, situs toko online akan memproses transaksi ini. Calon pembeli akan diminta mengisi jumlah barang yang akan dibeli beserta alamat pengiriman. Jika sudah diisi, situs akan melakukan penghitungan jumlah biaya yang harus dibayarkan. Apabila calon pembeli sudah menyetujui jumlah harga ini, selanjutnya adalah tahap pembayaran. Biasanya toko online meminta nomor kartu kredit calon pembeli. Setelah nomor kartu kredit diisikan, situs akan melakukan verifikasi kebenaran kartu kredit dan batas maksimum penggunaannya. Apabila diterima, berarti proses jual beli di toko online sudah selesai. Pembeli tinggal menunggu barang datang. (MW)