Lembaga Penyelenggaraan Kartu Kredit

Lembaga Penyelenggaraan Kartu Kredit

Bank atau lembaga non- bank penyelenggara kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu bisa berstatus sebagai prinsipal, penerbit, atau acquirer. Berikut adalah pengertian lembaga- lembaga penyelenggara kegiatan kartu kredit tersebut.

– Prinsipal adalah bank atau lembaga non- bank yang menjadi pemilik tunggal hak atas merek dalam kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu.

– Penerbit adalah bank atau lembaga non- bank yang menerbitkan alat pembayaran dengan menggunakan kartu untuk pemegang kartu dengan menggunakan merek tertentu atas persetujuan prinsipal.

– Acquirer adalah bank atau lembaga non-bank yang melakukan kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat berupa financial acquirer atau technical acquirer.

– Financial acquirer adalah acquirer yang melakukan pembayaran terlebih dahulu atas transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu.

– Sedangkan techinal acquirer adalah acquirer yang menyediakan sarana yang diperlukan dalam pemrosesan alat pembayaran dengan menggunakan kartu.

– Perusahaan switching adalah perusahaan yang mengoperasikan sistem yang digunakan untuk meneruskan (switching/routing) transaksi alat pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dari sistem financial acquirer tertentu ke sistem penerbit untuk kepentingan otorisasi. Perusahaan switching tersebut dapat melakukan perhitungan hak dan kewajiban antar financial acquirer dengan penerbit yang timbul dari proses transaksi alat pembayaran dengan menggunakan kartu. (MW)