Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009

Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009

Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu

Pada PBI APMK ini terdapat perubahan yang cukup signifikan dalam hal regulasi tentang kartu kredit. Perubahan itu menyangkut fungsi kontrol Bank Indonesia dalam menguatkan aturan main lembaga- lembaga penyelenggara kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu ini, diantaranya adalah:

* Acquirer wajib melakukan edukasi dan pembinaan kepada pedagang (merchant) yang bekerja sama dengan Acquirer.
* Acquirer wajib menghentikan kerjasama dengan merchant yang melakukan tindakan merugikan.
* Acquirer wajib saling memberikan informasi kepada Acquirer yang lain tentang merchant yang melakukan tindakan merugikan, sekaligus mengusulkannya ke dalam daftar hitam merchant.

Akan tetapi pada Peraturan Bank Indonesia ini ada beberapa kelonggaran yang diberikan kepada bank penerbit kartu kredit, yaitu dengan tidak dicantumkannya ketentuan- ketentuan sebagai berikut:
* Penetapan minimum usia calon pemegang kartu;
* Penetapan minimum pendapatan calon pemegang kartu;
* Penetapan batas maksimum kredit calon pemegang kartu;
* Penetapan presentase minimum pembayaran oleh pemegang kartu sekurang- kurangnya sebesar 10 % dari total tagihan;
* Prosedur pemberian persetujuan kepada calon pemegang kartu.

Akibat dihapusnya pasal tersebut, penerbit kartu kredit merasa diberi kelonggaran dan keleluasaan dalam memasarkan produk kartu kredit, termasuk menggunakan jasa agen marketing. Gencarnya pemasaran kartu kredit banyak membuat orang terlena bahwa penggunaan kartu kredit harus dibatasi juga. Ditambah lagi adanya penambahan pasal yang menyebutkan bahwa penerbit kartu kredit yang akan menerbitkan produk baru kartu kredit harus melaporkan secara tertulis kepada Bank Indonesia. Laporan tertulis sebagaimana tersebut harus dilengkapi dengan informasi yang paling kurang meliputi rencana bisnis dan penjelasan karakteristik produk baru kartu kredit. (MW)