Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/02/PBI/2012 (6)

Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/02/PBI/2012 (6)

Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/02/PBI/2012 tentang Perubahan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu

* Dalam rangka peningkatan keamanan transaksi, penerbit wajib menerapkan transaction alert kepada pemegang kartu kredit untuk transaksi dengan kriteria tertentu. Transaction alert ini wajib dilaksanakan dengan menggunakan teknologi short message service (sms) atau dengan cara yang lain sesuai permintaan pemegang kartu. Sebagai tambahan, kartu kredit yang sebelumnya masih menggunakan pita magnetik untuk identifikasi kartu harus segera diganti dengan model chip. Otentifikasi ketika melakukan transaksi juga diubah dari tanda tangan menjadi PIN (personal identification number) sejumlah 6 digit kombinasi angka. Kebijaksanaan ini bertujuan untuk menghindari kejahatan- kejahatan kartu kredit dan penyalahgunaan kartu kredit terutama ketika kartu kredit hilang atau dipegang oleh orang lain.

* Prinsipal, penerbit dan atau acquirer wajib menyediakan sistem yang bisa dikoneksikan dengan sistem alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang lain.

* Bank Indonesia berwenang menetapkan kebijakan pembatasan prinsipal, penerbit, acquirer, penyelenggara kliring ataupun penyelenggara penyelesaian akhir alat pembayaran dengan menggunakan kartu dengan cara menutup atau membuka kembali pengajuan permohonan izin sebagai prinsipal, penerbit, acquirer, penyelenggara kliring ataupun penyelenggara penyelesaian akhir alat pembayaran dengan menggunakan kartu. Pembatasan ini bisa dilakukan dengan pertimbangan antara lain:
– Faktor efisiensi;
– Mendukung kebijakan nasional;
– Menjaga kepentingan publik;
– Menjaga pertumbuhan industri kartu kredit dan persaingan yang sehat.

Untuk masalah debt collector, apabila masih ada yang melakukan penagihan dengan kasar, segera hubungi kantor polisi terdekat. Penulis pernah dengan sengaja datang ke kantor polres atau polsek terdekat jika ada perlakuan kasar dari debt collector. Dengan senang hati, polisi memberikan nomor telepon polres dan nomor telepon emergency dan siap meluncur ke lokasi kejadian.
Peraturan-peraturan Bank Indonesia ini ditulis hanya pada poin-poin pokoknya saja. Secara lengkap dan detail, peraturan- peraturan Bank Indonesia ini bisa dilihat dan diunduh di website resmi Bank Indonesia beserta surat edaran dari Bank Indonesia. (MW)