Tips Kartu Kredit Belanja Cerdas dan Aman

Banyak orang menduga bahwa salah satu biang masalah keuangan selama ini adalah kartu kredit. Anggapan tersebut tak selalu benar karena masih banyak masyarakat pengguna kartu kredit yang tetap aman keuangannya dengan menggunakan kartu berhutang ini.

tips kartu kreditTips Kartu Kredit 1 : Jangan bebankan semua keperluan keluarga terhadap kartu kredit. Akhirnya, tagihan kartu kredit yang satu ditutup dengan kartu kredit yang lainnya. Kalau hal tersebut dilakukan secara terus- menerus dalam waktu tertentu maka hutang kartu kredit akan semakin bengkak.

Tips Kartu Kredit 2 : Sebaiknya sebelum Anda belanja barang tertentu, terlebih dahulu Anda memikirkan kembali, apakah akan memakai kartu kredit atau uang cash. Jangan sampai semua pembelanjaan dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Tips Kartu Kredit 3 : Jika Anda pergi ke pusat perbelanjaan dan berniat untuk membeli barang yang sangat Anda butuhkan, coba Anda lihat, apakah ada diskon atau tidak untuk pembelian barang  tersebut bagi kartu kredit yang Anda pegang, jika perlu tanyakan kepada SPG nya atau kasir.

Tips Kartu Kredit 4 : Perhatikan tidak hanya penawaran diskonnya saja, tetapi juga biaya administrasi atau abonemen  yang ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit. Jika biaya tersebut tidak Anda perhatikan maka total tagihan akan membengkak. Apalagi jika pembayaran Anda dilakukan dengan cara mencicil, Anda akan dikenai beban bunga, sehingga harga yang harus dibayar menjadi lebih mahal.

Tips Kartu Kredit 5 : Tanyakan kepada penjual barang atau makanan tersebut, apakah pembelian dengan menggunakan kartu kredit dikenakan biaya administrasi atau tidak? Jika iya, maka sebaiknya Anda meminta untuk tidak dikenakan atau membebaskan biaya administrasi tersebut.

Tips Kartu Kredit 6 : Banyak kartu kredit yang menawarkan keuntungan tambahan, seperti poin yang bisa ditukar dengan layanan atau diskon tertentu. Jadilah pengguna kartu kredit yang bisa berbelanja pintar.

Tips Kartu Kredit 7 : Penggunaan kartu kredit memang sangat praktis dan menguntungkan, karena itu kita diberi waktu beberapa minggu sebelum ditagih untuk membayar pemakaian. Tetapi perlu Anda ingat bahwa keuntungan maksimal hanya didapat apabila Anda membayar penuh tagihan kartu kredit Anda. (MW)